PENGARUH LABELISASI HALAL, HARGA DAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK MAKANAN OTTOGI YEUL RAMEN (Studi Kasus Didesa Ngulak III, Kec. Sanga Desa, Kab. MUBA SumSel)

Rosani, 201901082P (2021) PENGARUH LABELISASI HALAL, HARGA DAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK MAKANAN OTTOGI YEUL RAMEN (Studi Kasus Didesa Ngulak III, Kec. Sanga Desa, Kab. MUBA SumSel). Diploma thesis, STEBIS Indo Global Mandiri.

[img] Text
Cover.pdf

Download (761kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)

Abstract

Dengan pertumbuhan perekonomian yang baik, mayoritas penduduk beragama Islam terbesar didunia, Indonesia merupakan salah satu Negara maju dan menjadi pasar yang menggiurkan dalam perdagangan dalam dan luar negeri . sehingga produk lokal harus bisa bersaing dengan produk asing terutama dalam produk makanan. Perusaahaan-perusahaan yang memproduksi makanan didorong untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menerapkan strategi pemasaran agar tidak kalah dari produk luar dan dapat menguasai pasar di negeri sendiri. Salah satu strategi tersebut adalah lebalisasi halal, harga, dan menciptakan kualitas produk yang baik guna menghindari persepsi-persepsi atau penilaian negatif dari konsumen terhadap suatu produk. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lebalisasi halal, harga, dan persepsi masyarakat terhadap keputusa Konsumen dalam memilih produk makanan. Variabel indevenden dalam penelitian ini adalah Labelisasi halal (X1), Harga (X2), dan Persepsi Masyarakat (X3), dan variabel dependen adalah Keputusan Konsumen (Y) dalam memilih produk makanan Ottogi Yeul Ramen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden dari populasi seluruh masyarakat Desa Ngulak III yang beragama Islam dimulai dari remaja berumur 15 thn – dewasa berumur 30thn. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam peneitian ini adalah secara primer atau dengan menggunakan kuisioner. Uji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji t, uji f, dan uji (R2). Hasil dari uji t menunjukan bahwa labelisasi halal berpengaruh positf dan tidak signifikan terhadap keputusan konsumen ditunjungkan dengan perhitungan uji secara parsial 1,236 < 1,66088 dan nilai sig 0,219 > 0,05, Harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan konsumen di buktikan dengan -1,381 < 1,66088 dan nilai sig 0,170 > 0,05, dan variabel persepsi masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dengan nilai 2,287 > 1,66088 dan nilai sig 0,005 < 0,05. Hasil uji f menunjukan bahwa variabel-variabel lebalisasi halal, harga, dan persepsi masyarakat secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen yang ditunjukkan dengan nilai sig Fhitung 3,391 dan tingkat sig sebesar 0,021. Uji R2 diperoleh nilai 0,310 atau 31% yang menunjukan bahwa variabel lebalisasi halal, harga dan persepsi masyarakat berpengaruh cukup kuat terhadap keputusan konsumen. Kata kunci : Labelisasi Halal, Harga, Persepsi Masyarakat, dan Keputusan Konsumen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Unnamed user with email repository@stebisigm.ac.id
Date Deposited: 20 Apr 2022 03:34
Last Modified: 20 Apr 2022 03:34
URI: http://repository.stebisigm.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item