Analisis Motif Belanja Online Shop Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Studi Kasus Pada Mahasiswa Perbankan Syariah Stebis IGM Palembang

Purwanti, 201902002 (2023) Analisis Motif Belanja Online Shop Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Studi Kasus Pada Mahasiswa Perbankan Syariah Stebis IGM Palembang. Diploma thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam IGM (STEBIS IGM).

[img] Text
Halaman Awal_Purwanti_201902002.pdf

Download (991kB)
[img] Text
Bab V_Purwanti_201902002.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Purwanti_201902002.pdf

Download (155kB)

Abstract

Penggunaan media internet berkembang dengan cepat dan menjadi bagian terpenting dalam bidang ekonomi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Penggunanya juga semakin meningkat tidak dari kalangan remaja seperti pelajar sekolah dan mahasiswa, bahkan anak - anak, orang dewasa sampai kaum lanjut usia pun mulai menjadi pengguna aktif internet. Akibatnya, segala informasi yang bersifat positif maupun negatif dapat dengan mudah diakses seluruh masyarakat. Dan diakui atau tidak, perlahan - lahan mulai mengubah pola gaya hidup dan membuat mereka menjadi berperilaku konsumtif. gaya hidup bisa diekspresikan melalui apa yang dikenakan seseorang, apa yang mereka konsumsi, dan bagaimana cara mereka bersikap atau berperilaku ketika di hadapan orang lain. Adapun rumusan permasalahan dala penelitian ini yaitu : 1) Apa motif mahasiswa perbankan syariah STEBIS IGM Palembang dalam melakukan belanja online shop sehingga memiliki perilaku konsumtif 2) Bagaimana gaya hidup mahasiswa perbankan syariah STEBIS IGM Palembang sebagai pengguna online shop. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan motif dan gaya hidup mahasiswa perbankan syariah STEBIS IGM Palembang dalam melakukan belanja online shop sehingga memiliki perilaku konsumtif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian kualitatif penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya : perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain, secara holistic, dan dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan cara memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Motif meliputi ikut-ikutan teman, ingin selalu update barang terbaru, penampilan gambar lebih bagus, lebih murah, cari untung, menghemat waktu (2) sedangkan gaya hidup mahasiswa hedonis di tunjukan dari gaya berpakaian yang mengkontruksikan citra diri yang gaul di lingkungan kampus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Unnamed user with email repository@stebisigm.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2023 01:47
Last Modified: 04 Dec 2023 01:47
URI: http://repository.stebisigm.ac.id/id/eprint/299

Actions (login required)

View Item View Item