PENGARUH PENGGUNAAN FITUR SHOPEE PAY LATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA STEBIS IGM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Andini Septianti, 201901074 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN FITUR SHOPEE PAY LATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA STEBIS IGM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Diploma thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam IGM (STEBIS IGM).

[img] Text
Cover_Andini Sepianti_201901074.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V_Andini Sepianti_201901074.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Andini Sepianti_201901074.pdf

Download (146kB)

Abstract

Kemunculan teknologi informasi dan komunikasi memberikan pengaruh yang lumayan bagi penggunanya. Teknologi tersebut merupakan bentuk dari media baru yang dimunculkan sehingga membuat penggunanya dapat dengan mudah mengakses informasi secara digital dan memanfaatkannya dalam berbagai kebutuhan seperti membaca informasi, berkirim pesan, berbagi informasi, dan memudahkan dalam hal pekerjaan hingga proses belajar mengajar, serta memudahkan untuk bertransaksi seperti belanja online yang lebih dikenal dengan e-commerce atau bisa disebut juga dengan perdagangan elektronik. E-commerce dengan pengunjung terbesar kuartal III tahun 2021 adalah Shopee dengan tingkat kunjungan rata-rata sebesar 961,51 juta, dilihat melalui situs web sebesar 126,99 juta dan kunjungan melaui aplikasi sebesar 834,52 juta. Bertolak belakang dengan perilaku konsumtif. Islam mengatur kaidah konsumsi yang seimbang jika kaidah konsumsi Islam diterapkan maka sifat pemborosan dan berlebihan dapat diatasi bahkan dapat dihilangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dimana pada penentuan sampel menggunakan rumus slovin. Teknik analisi dengan melakukan berbagai uji seperti: uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana dan uji hipotesis yang dibantu software SPSS 24. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ada 97 sampel. secara simultan menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 158.372 > Ftabel sebesar 3.946 dengan angka signifiikan (p value) 0.000 < 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan variabel penggunaan Shopee Paylater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa STEBIS IGM dapat diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Unnamed user with email repository@stebisigm.ac.id
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:23
Last Modified: 12 Jan 2024 02:23
URI: http://repository.stebisigm.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item View Item