Pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi nilai pelanggan terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada pedagang di pasar kuto ilir timur II Palembang)

Riska Nurharita, 201901018 (2023) Pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi nilai pelanggan terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada pedagang di pasar kuto ilir timur II Palembang). Diploma thesis, Ekonomi Syariah.

[img] Text
cover.pdf

Download (937kB)
[img] Text
BAB V_RISKA NURHARITA_201901018.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_RISKA NURHARITA_201901018.pdf

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang adanya fenomena yaitu terdapat berbagai keluhan dari para pedagang pasar tradisional mulai dari keluhan pembeli yang sepi, kondisi pasar yang kian semerawut dan terdapat berbagai masalah lainnya. Tentunya untuk dapat meningkatkan pelayanan pada pasar tradisional kepuasan pedagang terhadap kebersihan, kenyamanan, keamanan, dan ketersediaan sarana prasarana pasar yang memadai seperti akses menuju ke pasar. Peran dan upaya dari pemerintah serta pedagang diperlukan untuk menjaga eksistensi dari pasar tradisional tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif yang dilakukan melalui pengumpulan data, observasi lapangan, wawancara, dan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian menemukan bahwa berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan, 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara kualitas pelayanan dan persepsi nilai pelanggan terhadap keputusan pembelian, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kualitas pelayanan dan persepsi nilai pelanggan terhadap keputusan pembelian, 3) variabel persepsi nilai pelanggan merupakan variabel yang paling dominan terhadap keputusan pembbelian. Saran yang diberikan yaitu Mengingat kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, hendaknya para pedagang terus meningkatkan kualitas pelayanan dengan cara menjaga kebersihan sayur daging dan ikan yang dijual, bekerja dengan baik dan cepat serta ramah dalam memberikan pelayanan supaya konsumen merasa puas dan terpenuhi kebutuhannya ketika berbelanja di Pasar Kuto Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Unnamed user with email repository@stebisigm.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:49
Last Modified: 15 Nov 2023 04:49
URI: http://repository.stebisigm.ac.id/id/eprint/239

Actions (login required)

View Item View Item