Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada UMKM Yang Tersertifikasi Halal (Studi Kasus Pada Kios Unggas Inspektur Marzuki, Palembang)

Isroi NurIkhsan, 201801047 (2022) Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada UMKM Yang Tersertifikasi Halal (Studi Kasus Pada Kios Unggas Inspektur Marzuki, Palembang). Diploma thesis, STEBIS Indo Global Mandiri.

[img] Text
(1) Isro'i Nurikhsan_201801047_COVER.pdf

Download (137kB)
[img] Text
(2) Isro'i Nurikhsan_201801047_HALAMAN UTAMA-1-20.pdf

Download (2MB)
[img] Text
(9) Isro'i Nurikhsan_201801047_BAB V.pdf

Download (230kB)
[img] Text
(10) Isro'i Nurikhsan_201801047_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)

Abstract

Pemasaran Islami atau pemasaran syariah adalah kegiatan pemasaran yang berlandaskan nilai-nilai ajaran Islam dan juga didorong oleh semangat ibadah kepada Allah SWT serta berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan bersama, bukan untuk kepentingan organisasi apalagi kepentingan diri sendiri. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada “Kios Unggas Inspektur Marzuki, Palembang”. Lokasi penelitian yaitu beralamatkan di Jalan Inspektur Marzuki No. 2340, Siring Agung, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif . Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan pramuniaga, dan konsumen “Kios Unggas Inspektur Marzuki”. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa “Kios Unggas Inspektur Marzuki” menerapkan strategi bauran pemasaran yang terdiri dari empat variabel yaitu produk, harga, promosi, dan tempat/lokasi. Adapun strategi produk yang dilakukan yaitu dengan memperhatikan dan menjaga kualitas dan mutu produk, dan memberikan jaminan kehalalan produk. Strategi harga yang dilakukan yaitu menetapkan harga dengan nilai keadilan, adil dalam artian menetapkan harga yang wajar sesuai kulaitas produk tersebut dan sesuai berat perkilogramnya produk tersebut. Strategi promosi yang dilakukan yaitu menggunakan media sosial seperti instagram, facebook, dan whatsapp. Promosi yang dilakukan yaitu dengan memberi testimoni (kesaksian pembelian) dari para konsumen dan juga memberikan promo dan diskon yang menarik untuk para konsumennya. Selanjutnya strategi tempat/lokasi yang dilakukan yaitu dengan memilih tempat/lokasi yang strategis dilingkungan masyarakat dan ramai. Selalu menjaga kebersihan dan kerapian tempat guna memberikan kenyamanan untuk para pelanggannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Unnamed user with email repository@stebisigm.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2023 06:57
Last Modified: 09 Mar 2023 06:57
URI: http://repository.stebisigm.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item View Item