Pengaruh Masa Kadaluarsa Makanan Terhadap Kesehatan Konsumen dalam Perspektif Islam (Studi Kasusu Pada Pedagang Pasar Rakyat Talang Kelapa Kota Palembang)

Desti Rahmayanti, 201801175 (2022) Pengaruh Masa Kadaluarsa Makanan Terhadap Kesehatan Konsumen dalam Perspektif Islam (Studi Kasusu Pada Pedagang Pasar Rakyat Talang Kelapa Kota Palembang). Diploma thesis, STEBIS Indo Global Mandiri.

[img] Text
1) COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text
2) HALAMAN AWAL (2).pdf

Download (3MB)
[img] Text
9) BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
10) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh masa kadaluarsa makanan terhadap kesehatan konsumen pada Pasar Rakyat Talang Kelapa kota Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian yang memiliki 2 variabel. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konsumen, teori etika bisnis islam dan teori maqashid syari’ah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif, yakni menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan dan hasil nya. Yang di pantau melalui beberapa variable yaitu masa kadaluarsa makanan dan kesehatan konsumen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode survei dengan cara membagikan kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada 20 orang pedagang di Pasar Rakyat Talang Kelapa kota Palembang, sebanyak 20 kuesioner (100%) diisi dengan lengkap dan dapat diolah. Data yang dikumpulkan diolah menggunakan program SPSS Versi 16.0. Metode statistic yang digunakan dalam menguji hipotesis yang dibuat adalah uji validitas, uji reabilitas dan uji analisis regresi linier sederhana. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa masa kadaluarsa makanan memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan konsumen Pasar Rakyat Talang Kelapa kota Palembang dan perlindungan konsumen terhadap beredarnya produk makanan kadaluarsa sudah diatur secara jelas dan tegas di dalam Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dimana ada hak-hak konsumen dan juga kewajiban sebaliknya juga pelaku usaha juga mempunyai hak dan kewajiban.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Unnamed user with email repository@stebisigm.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2023 03:09
Last Modified: 03 Mar 2023 03:09
URI: http://repository.stebisigm.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item View Item