Strategi Fundraising Dalam Upaya Meningkatkkan kepercayaan Muzzaki Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota palembang

Wahit Sobri, 201801131 (2022) Strategi Fundraising Dalam Upaya Meningkatkkan kepercayaan Muzzaki Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota palembang. Diploma thesis, STEBIS Indo Global Mandiri.

[img] Text
6.Bab V_Wahit Sobri_201801131.pdf

Download (218kB)
[img] Text
7.Daftar Pustaka_Wahit Sobri_201801131.pdf

Download (592kB)
[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (16MB)

Abstract

BAZNAS Kota Palembang merupakan Lembaga Amil Zakat yang sah secara hukum yang memiliki legalitas untuk melakukan kegiatan pengumpulan dan pendistribusian zakat, infaq, dan shadaqah dari masyarakat luas. Dengan melihat tingginya potensi zakat khususnya di Kota Palembang maka potensi pengumpulan zakat menjadi sangat tinggi. Tingginya potensi tersebut hendaklah didukung dengan manajemen pengumulan zakat yang profesinal dan amanah. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana perumusan strategi fundraising yang diterapkan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Palembang dan bagaimana implementasi serta evaluasi penerapannya dalam upaya meningkatkan kepercayaan muzakki. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi penelitian di BAZNAS Kota Palembang dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif, yaitu membandingkan antara teori yang ada dengan hasil praktek dilapangan dan kemudian ditarik kesimpulan sebagai jawaban dari permasalahan yang dicari. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi fundraising yang diterapkan oleh BAZNAS Kota Palembang secara garis besar dikelompokkan menjadi dua macam yaitu: strategi fundraising online dan fundraising offline. Strategi fundraising online seperti: metode digital, payroll system, metode aplikasi dan transfer via ATM/Mobile Banking. Sementara itu, strategi fundraising offline seperti: membuat brosur atau poster.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Unnamed user with email repository@stebisigm.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2023 07:59
Last Modified: 27 Jun 2023 07:59
URI: http://repository.stebisigm.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item View Item