Strategi Usaha Ikan Segarurung Dalam Pendapatan Ekonomi Keluarga (Studi Desa Prambatan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir)

Alfikri Hassan, 201901069 (2023) Strategi Usaha Ikan Segarurung Dalam Pendapatan Ekonomi Keluarga (Studi Desa Prambatan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir). Diploma thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam IGM (STEBIS IGM).

[img] Text
Cover_Alfikri Hassan_201901069.pdf

Download (751kB)
[img] Text
BAB V_Alfikri Hassan_201901069.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Alfikri Hassan_201901069.pdf

Download (167kB)

Abstract

Kegiatan ekonomi merupakan suatu usaha untuk meningkatkan daya dan taraf hidup masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut maka dibutuhkan lapangan pekerjaan yang mampu meningkatkan ekonomi keluarga. Hal tersebut berlaku bagi keluarga di desa prambatan merupakan desa di kawasan Kabupaten Pali yang masih tergolong rendah dilihat dari sisi ekonominya. Dapat dilihat dari rata-rata pendapatan perbulan keluarga dikarenakan penghasilan yang belum mencukupi kebutuhan pokok hidupnya, maka masyarakat di Desa Prambatan mengupayakan pemenuhan ekonomi keluarga melalui usaha sampingan yaitu usaha Ikan Segarurung. Adapun permasalahan dihadapi dalam usaha ikan segarurung adalah dikarenakan adanya hambatan-hambatan sehingga usaha ikan segarurung belum optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Masyarakat desa Prambatan yang menjadi pelaku usaha ikan segarurung dalam menjalankan usahanya menggunakan jenis strategi yang sama dengan pemilik usaha ikan segarurung lainnya, yaitu dengan melakukan promosi melalui media sosial dan menawarkan produk melalui penjualan keliling. Sehingga dapat simpulkan bahwa jenis strategi yang dipakai dalam usaha ini menggunakan, yaitu strategi pemasaran. Dan hambatan yang di alami masyarakat pemilik usaha ikan segarurung dalam peningkatan ekonomi keluarga yaitu lokasi usaha, modal usaha, dan keterbatasan bahan baku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Unnamed user with email repository@stebisigm.ac.id
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:06
Last Modified: 12 Jan 2024 02:06
URI: http://repository.stebisigm.ac.id/id/eprint/313

Actions (login required)

View Item View Item